Melamun dan merenung itu beda gak?

Kamis, 28 Februari 2013

"Hoi! Jangan melamun aja lu, Jul!" Dulek tiba-tiba memukul pundak Juli dari belakang.
"Siapa yang ngelamun?"
"Lu kan ngelamun tadi."
"Emang yakin kalo gue ngelamun?  Terus kalo emang gue ngelamun kenapa?"
"Yakinlah! Kerasukan baru tau rase lu mah!"
"Kerasukan apaan? Setan? Pasti gak lah! Orang setannya aje di hadapan gue. Haha." Ucap Juli sambil menatap tubuh Dulek dari bawah hingga atas dengan tatapan dan tawa yang mengejek.
"Sialan lu! Beneran loh. Ngapain ngelamun? Kurang kerjaan? Buru-buru ke kossan gue yok? Banyak baju kotor tuh!"
"Eh! Gue beneran gak ngelamun kok!"
"Ciusss? Benelan? Macak sih?"
"Preettt... Masih zaman yeh pakek cius, benelan dan saudara-saudaranya? Kayaknya spesies yang tersisa yah lu? Yang lain kan udah pada punah! Haha!"
"Iya. Dan sayangnya gue bakal tulerin itu ke lu! Biar spesies gue nambah! Puas lu?"
"Haha. Iye iye. Eh tapi beneran. Gue gak nge-lamun, tapi lagi merenung."
"Same aje kali Jul!"
 "Beda!"
"Kata siapa?"
"Kata gue barusan."
"Yah! Filsafat lu gak meyakinkan."
"Ih! Beneran. Beda."
"Beda? Bedanya apaan?"
"Sekarang juga gue lagi usaha buat mikir itu Dul!"
"Jiahhhhh! Gubrak banget dah!."
"Mikir yok! Kita mikir masing-masing dalam 5 menit. Yang tau, berarti emang beneran cerdas nih. Mau?"
"Ah. Males. Gak ada hadiahnya. Di mana-mana, kalo pertanyaan gak ada hadiahnya atau gak ngena banget di hati. Itu bikin males buat ngejawabnya."
"Itu mah lu doang Dul!"
"Pokoknya mikir! lima menit dari sekarang. MULAI!"

... lima menit kemudian...
"Nah! Gue duluan Jul!"
"Apaan?"
"Beneran beda. Antara melamun dan merenung. Berawal dari persamaannya nih. Melamun dan merenung itu sama-sama kegiatan yang dilakukan dengan berdiam diri atau biasanya di tempat yang sepi. Atau dengan kata lain juga bukan di tempat yang keadaannya lagi rame. Nah! Perbedaannya, kalo melamun itu kegiatan yang lu kerjain tapi dengan pikiran yang kosong. Alias gak ada yang lagi lu pikirin. Mata lu memandang ke arah yang kosong. Sedangkan merenung, itu kegiatan yang lu kerjain dengan keadaan otak yang sedang berfikir. Maksudnya, ada hal yang sedang lu pikirin. Misal, lu lagi mikirin cara bayar hutang, cara nembak cewek, atau lagi mikirin tugas kuliah yang numpuk dan belom lu kerjain sama sekali. Kerenkan gue?"
"Wah! Hebat-hebat! Bener juga yah? Ada lagi gak?"
"Itu aja deh... eh! Ada lagi Jul!"
"Apa?"
"Kalo merenung menghasilkan sebuah hal yang biasanya berupa solusi atau penyelesaian atas hal yang lu renungin. Nah! Kalo melamun, biasanya menghasilkan tubuh lu dikuasai oleh hal-hal gaib dan tontonan bagi orang lain. Alias kerasukan! Haha."
"Haha. Balik-balik bahas lu lagi dong Dul!"
"Sialan lu!"
"Haha. Udah-udah. Makasih ya."
"Makasih buat apaan?"
"Karena lu dalam acara KENA DEH!" Meniru gaya Phanji seorang comic hebat Indonesia.
"Maksud lu?"
"Makasih banyak yah. Lu udah nolong gue Dul!"
"Apaan?"
"Gue pulang dulu yah? Takut keburu lupa."
"Eh! Tunggu dodol! Maksud lu apaan?"
"Haha. Lu barusan bantu gue nyelesaiin tugas mata kuliah filsafat gue."
"Hah? Kok bisa?"
"Ya bisalah. Kan yang kita pikirin dari tadi itu, tugas gue buat dikumpul besok. Gue pulang dulu yah! Bye!"
"Eh Sialan lu Jul! Jadi lu ngerjain gue! Awas ye lu!"
Juli hanya menoleh dan menjulurkan lidahnya keluar sambil terus berlari meninggalkan Dulek yang masih termenung atas kejadian tercerdas yang pernah Ia lakukan.

2 komentar:

  1. pengen kenalan deh sama Dulek.

    FF ya, lanjutin terus jangan berhenti ;D

    BalasHapus
  2. Masih harus belajar banyak Ju :)))

    Thanks komennya :D

    BalasHapus

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS